Semester 1
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Pendidikan Agama Islam | 05023112003 | 2 |
2 | Pancasila | 05023112009 | 2 |
3 | Dasar-Dasar Logika | 05023132018 | 2 |
4 | Bahasa Indonesia | 05023112010 | 2 |
5 | Bahasa Inggris Untuk Ilmu Sosial | 05023132014 | 2 |
6 | Pengantar Ilmu Politik | 05023133017 | 3 |
7 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 005023143019 | 3 |
8 | Pengantar Sosiologi | 05023133015 | 3 |
9 | Pengantar Psikologi | 05023142020 | 2 |
TOTAL SKS | 21 |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Agama Islam | – |
2 | Pancasila | – |
3 | Dasar-Dasar Logika |
Mata kuliah ini mendiskusikan tentang peran logika sebagai objek kajian dan pentingnya logika, berbagai unsur dalam berargumentasi, serta berbagai aliran logika, seperti logika deduktif, iduktif, simbolik, dan logika lateral dengan penekanan pada logika ilmiah dan lapangan kerja serta sikap sehari-hari. |
4 | Bahasa Indonesia |
Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini fokus mempelajari pada dasar-dasar komposisi Bahasa Indonesia seperti definisi bahasa, fungsi bahasa, bahasa, etika berbahasa, 4 kemampuan berbahasa, kutipan, ulasan kutipan, daftar pustaka, makalah ilmiah, plagiarisme. |
5 | Bahasa Inggris Untuk Ilmu Sosial |
Perkuliahan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tata bahasa, kosakata, dan cara pengucapan serta keterampilan dasar bahasa Inggris yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam konteks kehidupan sehari-hari baik formal maupun informal. Mahasiswa akan lebih banyak melakukan latihan, praktik, dan simulasi (role play) untuk memperlihatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kebahasaan yang telah dipelajari |
6 | Pengantar Ilmu Politik |
Mata kuliah ini adalah mata kuliah pokok di FISIP UNS yang harus dipelajari oleh mahasiswa di semester satu. Mata kuliah ini member gambaran umum mengenai politik, politik sebagai ilmu, konsep-konsep pokok ilmu politik, ruang lingkup ilmu politik dan hubungan ilmu politik dengan ilmu lainnya. Selain itu juga dipelajari tentang ideologi-ideologi politik, variasi bentuk-bentuk pemerintahan dan hubungan internasional. |
7 | Pengantar Ilmu Komunikasi |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang isu-isu mendasar dalam kajian ilmu komunikasi yang meliputi pengertian komunikasi, tingkat komunikasi, karakteristik komunikasi dan sebagainya. |
8 | Pengantar Sosiologi |
Pengantar Sosiologi adalah mata kuliah dasar teoritik yang ditujukan untuk memberikan kemampuan mahasiswa untuk memahami danmenjelaskan sejarah perkembangan sosiologi, pokok-pokok bahasan sosiologi, sosialisasi, interaksi sosial, tatanan sosial dan pengendaliansosial, institusi sosial, stratifikasi sosial, hubungan antar kelompok, konformitas dan penyimpangan, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial, teori sosiologi, dan metode sosiologi. Mata kuliah ini jug amengenalkan secara singkat dan sederhana tentang tubuhpengetahuan sosiologi yang dipetakan melalui empat periode yaitu Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, Teori Kritis, dan Teori Post Modern beserta tokoh-tokohnya. Output dari mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan sosial dasara untukmengkaji dan menganalisa permasalahan sosial dengan teori dan metode Sosiolog. |
8 | Pengantar Sosiologi |
Pengantar Sosiologi adalah mata kuliah dasar teoritik yang ditujukan untuk memberikan kemampuan mahasiswa untuk memahami danmenjelaskan sejarah perkembangan sosiologi, pokok-pokok bahasan sosiologi, sosialisasi, interaksi sosial, tatanan sosial dan pengendaliansosial, institusi sosial, stratifikasi sosial, hubungan antar kelompok, konformitas dan penyimpangan, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial, teori sosiologi, dan metode sosiologi. Mata kuliah ini jug amengenalkan secara singkat dan sederhana tentang tubuhpengetahuan sosiologi yang dipetakan melalui empat periode yaitu Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, Teori Kritis, dan Teori Post Modern beserta tokoh-tokohnya. Output dari mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan sosial dasara untukmengkaji dan menganalisa permasalahan sosial dengan teori dan metode Sosiologi. |
9 | Pengantar Psikologi |
Mata kuliah ini membekali mahasiswa menguraikan dan menjelaskan ruang lingkup, aliran, metode, gejala-gejala kejiwaan, dan kepribadian psikologi serta dapat menerapkannya. |
Semester 2
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Filsafat Ilmu | 022405 | 2 |
2 | Sistem Sosial Budaya Indonesia | 22373 | 3 |
3 | Kewirausahaan | 22110 | 2 |
4 | Sistem Hukum Indonesia | 22372 | 3 |
5 | Komunikasi Massa | 22436 | 3 |
6 | Pendidikan Kewarganegaraan | 22107 | 2 |
7 | Sistem Politik Indonesia | 22374 | 3 |
TOTAL SKS | 18 |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Filsafat Ilmu |
Mata Kuliah ini mempelajari tentang sejumlah hal terkait kajian filsafat ilmu yakni berkaitan dengan ilmu, pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat, filsafat ilmu, dimensi-dimensi filsafat/filsafat ilmu, filsafat sebagai sumber ilmu pengetahuan, kebenaran, sumber kebenaran, alat mencari kebenaran, kebenaran ilmiah, aliran-aliran dalam filsafat ilmu. |
2 | Sistem Sosial Budaya Indonesia |
Mata kuliah ini mendefinisikan konsep terkait sistem sosial budaya Indonesia. Selain itu juga mengkaji struktur kemajemukan masyarakat Indonesia, struktur kepartaian, dan integrasi nasional dengan menggunakan pendekatan teoritis. |
3 | Kewirausahaan |
What is in a name? Entrepreneurship Rationales ?
|
4 | Sistem Hukum Indonesia |
Mahasiswa dapat menjelaskan sistem hukum di Indonesia |
5 | Komunikasi Massa |
Mata Kuliah Komunikasi Massa ini mempelajari tentang sejumlah hal terkait kajian komunikasi massa meliputi definisi komunikasi massa, elemen-elemen/unsur komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, etika komunikasi massa, korvergensi komunikasi massa, teori komunikasi massa. |
6 | Pendidikan Kewarganegaraan |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan KebudayaanNomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. |
7 | Sistem Politik Indonesia |
Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa untuk memahami secara mendasar tentang kondisi politik Indonesia, sejarahnya, kegagalan maupun keberhasilannya serta kegunaannya dalam kehidupan praktis sehari-hari. Selain itu juga membekali mahasiswa dengan dimensi etis dalam politik politik Indonesia sehingga dapat membimbing perilaku politik mereka secara dewasa dan bertanggung-jawab. |
Semester 3
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Fotografi | 23308 | 3 |
2 | Metode Penelitian Sosial | 23231 | 3 |
3 | Pengantar Jurnalistik | 23307 | 3 |
4 | Sosiologi Komunikasi | 23334 | 3 |
5 | Psikologi Komunikasi | 23431 | 3 |
6 | Teknologi Komunikasi | 23364 | 3 |
7 | Teori Komunikasi | 23402 | 3 |
TOTAL SKS | 21 |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Fotografi |
Mata kuliah ini mengajarkan teknik penggunaan kamera dan komposisi gambar yang baik serta pengolahan gambar pasca pemotretan. |
2 | Metode Penelitian Sosial |
Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, menyusun teori (tinjauan kepustakaan), penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik Sampling dan pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa sebagai pusat belajar, seperti diskusi, dan tutorial. |
3 | Pengantar Jurnalistik |
Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini fokus mempelajari pada dasar-dasar jurnalistik yang meliputi pengertian jurnalistik, sejarah jurnalistik, berita, fakta, nilai berita, etika berita. Mahasiswa juga akan diberi pengantar teknik penulisan berita model straight news dan feature news. |
4 | Sosiologi Komunikasi |
Perkuliahan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai kajian-kajian serta teori-teori sosiologi komunikasi dari berbagai perspektif yang ada. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengetahui bagaimana persoalan-persoalan penting yang ada dalam sosiologi komunikasi terutama yang berhubungan dengan substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk komunikasi yang dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan media komunikasi dan semua konsekuensi yang terjadi dari seluruh komunikasi tersebut. |
5 | Psikologi Komunikasi |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan teori tentang hukum dan etika komunikasi dalam lingkup pers, media siber, media penyiaran, periklanan, public relations serta komunikasi interpersonal serta dapat menggunakan teori dan konsep yang dipeljari untuk menganalisis kasus- kasus aktual terkait hokum dan etika komunikasi di Indonesia. |
6 | Teknologi Komunikasi |
Mahasiswa diajarkan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, karakteristik teknilogi komunikasi, revolusi teknologi komunikasi dari aksara menuju media sosial, dampak teknologi komunikasi bagi masyarakat maupun secara global. |
7 | Teori Komunikasi |
Mata kuliah ini secara garis besar akan diberikan pengajaran berupa teori komunikasi dalam konteksintrapersonal, interpersonal, kelompok, organisasi, publik (retoris), media (massa), dan budaya). Materi perkuliahan akan disampaikan melalui 14 kali pertemuan, dan 2 kali ujian (UTS dan UAS) untuk mengukur kompetensi peserta didik terkait apa saja yang telah mereka pahami mengenai teori komunikasi sepanjang masa perkuliahan. |
Semester 4
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Komunikasi Sosial Dan Pembangunan | 24434 | 3 |
2 | Statistik Sosial | 24332 | 3 |
3 | Komunikasi Politik | 24437 | 3 |
4 | Hukum Dan Etika Komunikasi | 24306 | 3 |
5 | Komunikasi Antar Budaya | 24433 | 3 |
6 | Media Siber | 24301 | 3 |
7 | Perencanaan Komunikasi | 24487 | 3 |
TOTAL SKS | 21 |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Komunikasi Sosial dan Pembangunan |
Mata kuliah ini akan memberi pengetahuan terkait asumsi beberapa teori, konsep, dan model yang relevan pada pembangunan dan modernisasi. Hal ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa berpikir kritis atas upaya pembangunan yang telah berjalan di Indonesia dan belajar menyusun model pembangunan alternatif yang dapat dipertimbangkan demi mencapai pembangunan nasional yang optimal. |
2 | Statistik Sosial |
Mata kuliah ini membahas tentang dasar statistik, fungsi dan kegunaan statistik dalam penelitian sosial serta dapat membedakan antara statistik deskriptif dan statistik inferensial, serta mempraktekkan olah data menggunakan program SPSS dalam komputer dan mengaplikasikannya dalam penelitian sosial |
3 | Komunikasi Politik |
Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa untuk memahami secara mendasar tentang fenomena komunikasi di bidang politik dan juga isu-isu politik yang dikomunikasikan ke publik. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan dimensi etis dalam komunikasi politik politik secara konsep dan praktis dalam menyampaikan aspirasi, mengkritisi kebijakan politik, menyampaikan kebijakan politik, dan merancang pesan politik sehingga dapat membimbing perilaku mereka secara dewasa dan bertanggung-jawab. |
4 | Hukum Dan Etika Komunikasi |
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan teori tentang hukum dan etika komunikasi dalam lingkup pers, media siber, media penyiaran, periklanan, public relations serta komunikasi interpersonal serta dapat menggunakan teori dan konsep yang dipeljari untuk menganalisis kasuskasus aktual terkait hokum dan etika komunikasi di Indonesia. |
5 | Komunikasi Antar Budaya |
Pemahaman terkait komunikasi budaya sebagai elemen dalam komunikasi antar budaya juga akan diberikan dalam mata kuliah ini. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan terkait unsur-unsur budaya dalam suatu kebudayaan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga atas keragaman budaya nasional. Kemudian, melalui pengetahuan dasar yang telah dimiliki tersebut, mahasiswa akan diajak untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk komunikasi pada budaya-budaya yang ada di Indonesia. Bahan kajian yang digunakan dalam hal ini adalah buku referensi, jurnal dan artikel penelitian, artikel di media massa, dan konten di new media. Ini merupakan kemampuan yang diharapkan telah dimiliki oleh mahasiswa pada paruh (mid term) mata kuliah. |
6 | Media Siber |
Mahasiswa mampu menguasai new media, tidak hanya dalam penggunaan dan pemanfaatan tetapi juga pengendalian new media sebagai alat komunikasi. |
7 | Perencanaan Komunikasi |
Mahasiswa mampu memahami secara menyeluruh tentang tahapan perencanaan komunikasi, yang meliputi : Penetapan komunikator, Penyusunan isi pesan, Pemilihan saluran/media, Penentuan komunikan, dan Evaluasi efek pesan; sifat dan bentuk perencanaan, komponen dan indikator strategi komunikasi, manajemen strategis dalam perencanaan komunikasi. |
Semester 5
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif | 25363 | 3 |
2 | Public Relations 1 | 25407 | 4 |
3 | Manajemen Media Massa | 25301 | 3 |
4 | Advertising 1 | 25404 | 4 |
5 | Jurnalistik 1 | 25401 | 4 |
6 | Radio 1 | 25402 | 4 |
7 | Komunikasi Organisasi | 25335 | 3 |
8 | Video 1 | 25403 | 3 |
TOTAL SKS | 24 |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif |
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan langkahmaupun proses penelitian bidang komunikasi dengan berbagai Kuliah metode dan pendekatan kuantitatif serta mampu membuat proposal dan mampu melakukan penelitian bidang komunikasi sepertiMetode Survei, Metode Eksperimen, Metode Analisis Isi, Riset Agenda Setting, Riset Uses and Gratifications, Riset Ekologi Media, dan Analisis Jaringan Komunikasi. |
2 | Public Relations 1 |
Mata Kuliah ini mempelajari mulai dari konsep dasar Public Relations, menerapkan penulisan PR, menyusun company profile serta menganalisis kasus-kasus PR yang sedang trending topic. |
3 | Manajemen Media Massa |
Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi konsep dasar Manajemen Media Massa, prinsip-prinsip manajemen media massa dan pelaksanaannya dalam pengelolaan media massa baik media cetak, media penyiaran dan media online. |
4 | Advertising 1 |
Mahasiswa diajarkan pengantar periklanan, mulai dari definisi konsep iklan dan periklanan, sejarah, jenis, tujuan, dan fungsi iklan, etika periklanan, struktur organisasi agen periklanan, konsep kreatif iklan, iklan di media massa, perencanaan media, riset periklanan. |
5 | Jurnalistik 1 |
Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa dalam memahami berita mendalam (indepth news) dan berita investigasi (investigation news) terkait definisi, karakter, fungsi, teknis penulisan dan produksi. |
6 | Radio 1 |
Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami beragam kecakapan yang harus dimiliki oleh praktisi radio broadcast, baiksebagai Kuliah programdirector,script writer, announcer/reporter, mixing-man, producer,maupun music director. |
7 | Komunikasi Organisasi |
Membahas konsep-konsep kunci dalam kom organisasi sehingga mahasiswa dapat memahami konteksnya yang spesifiknya, dibandingkan dengan level komunikasi lainnya. Dengan memahami konsep-konsep kunci tersebut diharapkan mahasiswa dapat menggunakannya untuk kepentingan teoritis maupun praktis secara lebih kontekstual dan komprehensif.. |
8 | Video 1 |
Mata Kuliah ini akan membawa mahasiswa untuk menguasai kemampuan dasar Video meliputi pengetahuan dasar kamera, bahasa gambar, serta mampu mengembangkan ke dalam kebutuhan dunia jurnalistik dan kebutuhan media Audio Visual Digital. |
Semester 6
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Video 2 | 26414 | 4 |
2 | Teknik Presentasi | 2P484 | 2 |
3 | Media Dan Gender | 2P491 | 2 |
4 | Jurnalistik 2 | 26412 | 4 |
5 | Komunikasi Interpersonal | 26302 | 3 |
6 | Public Relations 2 | 26467 | 4 |
7 | Radio 2 | 26413 | 4 |
8 | Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif | 26362 | 3 |
9 | Kapita Selekta Komunikasi | 26362 | 3 |
10 | Advertising 2 | 26362 | 3 |
TOTAL SKS |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Video 2 |
Mahasiswa mampu menemukan ide, mengembangkan ide cerita, membuat konsep produksi yang dibutuhkan, memproduksi film fiksi, serta mengedit film fiksi. |
2 | Teknik Presentasi |
Dalam mata kuliah Teknik Presentasi ini, mahasiswa diajarkan proses komunikasi, proses pra-saat-pasca melakukan presentasi, cara membuat desain presentasi yang komunikatif, dan teknik melakukan presentasi di depan publik. |
3 | Media Dan Gender |
Mata kuliah ini menuntun mahasiswa untuk mengenal isu-isu gender didalam media dan menganalisa representasi gender dalam media massa.. |
4 | Jurnalistik 2 |
Mata Kuliah Jurnalistik 2 ini fokus mempelajari pada produksi karya jurnalistik berupa koran, majalah dan portal siber/online. Produksi karya jurnalistik koran berisi berbagai rubrikasi dari berita, foto peristiwa, editoral, surat pembaca, opini dan lain-lain. Produksi karya jurnalistik majalah berisi berbagai rubrikasi seperti laporan utama, editorial, surat pembaca, opini dan lain-lain. Desk majalah beragam seperti majalah olahraga, pria, wanita, budaya, Iptek, ekonomi dan lain-lain. Produksi karya jurnalistik media online/siber berupa portal berita online dengan rubrikasi seperti berita straight news, feature news, foto peristiwa, tokoh dan lain-lain. |
5 | Komunikasi Interpersonal |
Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini akan mampu memahami dan menerapkan tentang konsep, konstruk dalam teori di level komunikasi antar pribadi, dimulai dari konsep pelaku komunikasi, kognisi dan proses informasi, pemahaman diri, identitas, membangun relationship, memelihara relationship dan mempertahankan relationship. |
6 | Public Relations 2 |
Dalam mata kuliah Public Relations 2 ini, mahasiswa diajarkan untuk memahami sekaligus mempraktekkan strategi dan taktik PR dalam menyelesaikan situasi krisis yang dihadapi oleh klien. Strategi PR yang akan dipelajari oleh mahasiswa dimulai dari cara melakukan riset khalayak dan media untuk menganalisis dan mengevaluasi situasi yang dihadapi oleh klien, menentukan tujuan dan target sasaran, serta pemilihan media dan penyusunan pesan. Seluruh langkah strategis ini diaplikasikan secara nyata pada suatu perusahaan/instansi sehinggga mahasiswa juga akan dibimbing dalam penyusunan proposal dan laporan pelaksanaan strategi PR. |
7 | Radio 2 |
Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup jurnalistik radio, keterampilan produksi siaran (berita radio), naskah (copy story) program acara jurnalistik radio, teknik digital radio recording, radio programming, riset dalam kerja dan perencanaan program produksi audio, metode riset dan macam riset yang mendukung penyempurnaan produksi audio kreatif, instrumen penelitian khalayak sebagai concept test pada draft audio project, serta penelitian tes konsep audio project. |
8 | Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif |
Dalam mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif ini, mahasiswa diajarkan untuk memahami sekaligus mempraktekkan teori yang diberikan melalui penyusunan proposal penelitian kualitatif. Selain belajar tentang ragam penelitian dan metode kualitatif, mahasiswa juga akan dibimbing untuk menyusun proposal sesuai dengan sistematikanya. |
9 | Kapita Selekta |
Mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai topiktopik riset di bidang Ilmu Komunikasi. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melakukan project riset. |
8 | Advertising 2 |
Mata Kuliah ini membahas tentang Integrated Marketing Communication Plan yang menggabungkan kemampuanmembuat perencanaan kreatif dan media dengan kemampuan melakukan implementasi kreatif dan media untukmembuat IMC Plan yang sesuai dengan kebutuhan klien. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga dituntut melakukanriset kreatif dan media sebagai dasar penyusunan IMC Plan. |
Semester 7
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Komunikasi Bisnis | 2P492 | 2 |
2 | Azas-Azas Manajemen | 2P285 | 2 |
3 | Penulisan Kreatif | 2P287 | 2 |
4 | Kuliah Kerja Nyata | 2 | |
TOTAL SKS |
Uraian Mata Kuliah
No | Mata Kuliah | Uraian |
---|---|---|
1 | Komunikasi Bisnis |
Mata Kuliah ini membahas tentang komunikasi untuk mendukung proses bisnis. Mulai dari konsep dasar komunikasi bisnis, penulisan naskah untuk komunikasi bisnis, sampai dengan presentasi bisnis. |
2 | Azas-Azas Manajemen |
Mata Kuliah ini membahas tentang konsep-konsep manajemen yang diterapkan dalam sebuah organisasi. |
Semester 8
No | Nama Mata Kuliah | Kode | SKS |
---|---|---|---|
1 | Kuliah Kerja Komunikasi | 2 | |
2 | Skripsi | 6 | |
TOTAL SKS |