Semester 1

Semester 1

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Pendidikan Agama Islam 05023112003 2
2 Pancasila 05023112009 2
3 Dasar-Dasar Logika 05023132018 2
4 Bahasa Indonesia 05023112010 2
5 Bahasa Inggris Untuk Ilmu Sosial 05023132014 2
6 Pengantar Ilmu Politik 05023133017 3
7 Pengantar Ilmu Komunikasi 005023143019 3
8 Pengantar Sosiologi 05023133015 3
9 Pengantar Psikologi 05023142020 2
TOTAL SKS 21

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Agama Islam
2 Pancasila
3 Dasar-Dasar Logika

Mata kuliah ini mendiskusikan tentang peran logika sebagai objek kajian dan pentingnya logika, berbagai unsur dalam berargumentasi, serta berbagai aliran logika, seperti logika deduktif, iduktif, simbolik, dan logika lateral dengan penekanan pada logika ilmiah dan lapangan kerja serta sikap sehari-hari.

4 Bahasa Indonesia

Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini fokus mempelajari pada dasar-dasar komposisi Bahasa Indonesia seperti definisi bahasa, fungsi bahasa, bahasa, etika berbahasa, 4 kemampuan berbahasa, kutipan, ulasan kutipan, daftar pustaka, makalah ilmiah, plagiarisme.

5 Bahasa Inggris Untuk Ilmu Sosial

Perkuliahan ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tata bahasa, kosakata, dan cara pengucapan serta keterampilan dasar bahasa Inggris yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam konteks kehidupan sehari-hari baik formal maupun informal. Mahasiswa akan lebih banyak melakukan latihan, praktik, dan simulasi (role play) untuk memperlihatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kebahasaan yang telah dipelajari

6 Pengantar Ilmu Politik

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pokok di FISIP UNS yang harus dipelajari oleh mahasiswa di semester satu. Mata kuliah ini member gambaran umum mengenai politik, politik sebagai ilmu, konsep-konsep pokok ilmu politik, ruang lingkup ilmu politik dan hubungan ilmu politik dengan ilmu lainnya. Selain itu juga dipelajari tentang ideologi-ideologi politik, variasi bentuk-bentuk pemerintahan dan hubungan internasional.

7 Pengantar Ilmu Komunikasi

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memberi contoh tentang isu-isu mendasar dalam kajian ilmu komunikasi yang meliputi pengertian komunikasi, tingkat komunikasi, karakteristik komunikasi dan sebagainya.

8 Pengantar Sosiologi

Pengantar Sosiologi adalah mata kuliah dasar teoritik yang ditujukan untuk memberikan kemampuan mahasiswa untuk memahami danmenjelaskan sejarah perkembangan sosiologi, pokok-pokok bahasan sosiologi, sosialisasi, interaksi sosial, tatanan sosial dan pengendaliansosial, institusi sosial, stratifikasi sosial, hubungan antar kelompok, konformitas dan penyimpangan, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial, teori sosiologi, dan metode sosiologi. Mata kuliah ini jug amengenalkan secara singkat dan sederhana tentang tubuhpengetahuan sosiologi yang dipetakan melalui empat periode yaitu Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, Teori Kritis, dan Teori Post Modern beserta tokoh-tokohnya. Output dari mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan sosial dasara untukmengkaji dan menganalisa permasalahan sosial dengan teori dan metode Sosiolog.

8 Pengantar Sosiologi

Pengantar Sosiologi adalah mata kuliah dasar teoritik yang ditujukan untuk memberikan kemampuan mahasiswa untuk memahami danmenjelaskan sejarah perkembangan sosiologi, pokok-pokok bahasan sosiologi, sosialisasi, interaksi sosial, tatanan sosial dan pengendaliansosial, institusi sosial, stratifikasi sosial, hubungan antar kelompok, konformitas dan penyimpangan, perilaku kolektif dan gerakan sosial, perubahan sosial, teori sosiologi, dan metode sosiologi. Mata kuliah ini jug amengenalkan secara singkat dan sederhana tentang tubuhpengetahuan sosiologi yang dipetakan melalui empat periode yaitu Teori Sosiologi Klasik, Teori Sosiologi Modern, Teori Kritis, dan Teori Post Modern beserta tokoh-tokohnya. Output dari mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan sosial dasara untukmengkaji dan menganalisa permasalahan sosial dengan teori dan metode Sosiologi.

9 Pengantar Psikologi

Mata kuliah ini membekali mahasiswa menguraikan dan menjelaskan ruang lingkup, aliran, metode, gejala-gejala kejiwaan, dan kepribadian psikologi serta dapat menerapkannya.

Semester 2

Semester 2

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Filsafat Ilmu 022405 2
2 Sistem Sosial Budaya Indonesia 22373 3
3 Kewirausahaan 22110 2
4 Sistem Hukum Indonesia 22372 3
5 Komunikasi Massa 22436 3
6 Pendidikan Kewarganegaraan 22107 2
7 Sistem Politik Indonesia 22374 3
TOTAL SKS 18

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Filsafat Ilmu

Mata Kuliah ini mempelajari tentang sejumlah hal terkait kajian filsafat ilmu yakni berkaitan dengan ilmu, pengetahuan, ilmu pengetahuan, filsafat, filsafat ilmu, dimensi-dimensi filsafat/filsafat ilmu, filsafat sebagai sumber ilmu pengetahuan, kebenaran, sumber kebenaran, alat mencari kebenaran, kebenaran ilmiah, aliran-aliran dalam filsafat ilmu.

2 Sistem Sosial Budaya Indonesia

Mata kuliah ini mendefinisikan konsep terkait sistem sosial budaya Indonesia. Selain itu juga mengkaji struktur kemajemukan masyarakat Indonesia, struktur kepartaian, dan integrasi nasional dengan menggunakan pendekatan teoritis.

3 Kewirausahaan

What is in a name? Entrepreneurship Rationales ?

  1. Era globalisasi memaksa para pelaku usaha memiliki daya saing dan daya tawar yang mumpuni, agar dapat menjadi pelaku Iduka di peringkat lokal, nasional, maupun internasional.

  2. Banyak yang berpendapat, kemampuan usaha/bisnis tersebut sangat dipengaruhi oleh naluri dan bakat. Namun kenyataannya tidak demikian, kemampuan usaha/bisnis tersebut dapat dipelajari, dapat dilatihkan, dapat dib erikan pendampingan.

  3. Kewirausahaan (dalam iduka lokal, nasional, internasional) merupakan salah satu frame untuk membingkai teori dan pengalaman praktik dalam kegiatan usaha/ bisnis , yang sejak dini harus diajarkan, dilatihkan, dan diberikannya pengalaman praktik kepada generasi muda/penerus termasuk mahasiswa.

  4. Universitas Sebelas Maret (UNS) terpanggil untuk membekali mahasiswanya dengan kemampuan Kewirausahaan kepada para mahasiswanya, Dosen, Tenaga Kependidikan, Alumni. Oleh karena itu UNS mengkreasi mata kuliah Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh semua mahasiswanya agar memperoleh pengetahuan, pemahaman, penerapan dan kemampuan menganalisis peluang dan tantangan Kewirausahaan saat ini.

4 Sistem Hukum Indonesia

Mahasiswa dapat menjelaskan sistem hukum di Indonesia

5 Komunikasi Massa

Mata Kuliah Komunikasi Massa ini mempelajari tentang sejumlah hal terkait kajian komunikasi massa meliputi definisi komunikasi massa, elemen-elemen/unsur komunikasi massa, karakteristik komunikasi massa, etika komunikasi massa, korvergensi komunikasi massa, teori komunikasi massa.

6 Pendidikan Kewarganegaraan

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib umum yang merupakan pendidikan untuk memberikan pemahaman mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indoneisa dan Bhneka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Kajian ini berdasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan KebudayaanNomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib Pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.

7 Sistem Politik Indonesia

Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa untuk memahami secara mendasar tentang kondisi politik Indonesia, sejarahnya, kegagalan maupun keberhasilannya serta kegunaannya dalam kehidupan praktis sehari-hari. Selain itu juga membekali mahasiswa dengan dimensi etis dalam politik politik Indonesia sehingga dapat membimbing perilaku politik mereka secara dewasa dan bertanggung-jawab.

Semester 3

Semester 3

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Fotografi 23308 3
2 Metode Penelitian Sosial 23231 3
3 Pengantar Jurnalistik 23307 3
4 Sosiologi Komunikasi 23334 3
5 Psikologi Komunikasi 23431 3
6 Teknologi Komunikasi 23364 3
7 Teori Komunikasi 23402 3
TOTAL SKS 21

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Fotografi

Mata kuliah ini mengajarkan teknik penggunaan kamera dan komposisi gambar yang baik serta pengolahan gambar pasca pemotretan.

2 Metode Penelitian Sosial

Mahasiswa diajarkan berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, menyusun teori (tinjauan kepustakaan), penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan metode, teknik Sampling dan pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa sebagai pusat belajar, seperti diskusi, dan tutorial.

3 Pengantar Jurnalistik

Mata Kuliah Pengantar Jurnalistik ini fokus mempelajari pada dasar-dasar jurnalistik yang meliputi pengertian jurnalistik, sejarah jurnalistik, berita, fakta, nilai berita, etika berita. Mahasiswa juga akan diberi pengantar teknik penulisan berita model straight news dan feature news.

4 Sosiologi Komunikasi

Perkuliahan ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai kajian-kajian serta teori-teori sosiologi komunikasi dari berbagai perspektif yang ada. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengetahui bagaimana persoalan-persoalan penting yang ada dalam sosiologi komunikasi terutama yang berhubungan dengan substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk komunikasi yang dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan media komunikasi dan semua konsekuensi yang terjadi dari seluruh komunikasi tersebut.

5 Psikologi Komunikasi

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan teori tentang hukum dan etika komunikasi dalam lingkup pers, media siber, media penyiaran, periklanan, public relations serta komunikasi interpersonal serta dapat menggunakan teori dan konsep yang dipeljari untuk menganalisis kasus- kasus aktual terkait hokum dan etika komunikasi di Indonesia.

6 Teknologi Komunikasi

Mahasiswa diajarkan sejarah perkembangan teknologi komunikasi, karakteristik teknilogi komunikasi, revolusi teknologi komunikasi dari aksara menuju media sosial, dampak teknologi komunikasi bagi masyarakat maupun secara global.

7 Teori Komunikasi

Mata kuliah ini secara garis besar akan diberikan pengajaran berupa teori komunikasi dalam konteksintrapersonal, interpersonal, kelompok, organisasi, publik (retoris), media (massa), dan budaya). Materi perkuliahan akan disampaikan melalui 14 kali pertemuan, dan 2 kali ujian (UTS dan UAS) untuk mengukur kompetensi peserta didik terkait apa saja yang telah mereka pahami mengenai teori komunikasi sepanjang masa perkuliahan.

Semester 4

Semester 4

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Komunikasi Sosial Dan Pembangunan 24434 3
2 Statistik Sosial 24332 3
3 Komunikasi Politik 24437 3
4 Hukum Dan Etika Komunikasi 24306 3
5 Komunikasi Antar Budaya 24433 3
6 Media Siber 24301 3
7 Perencanaan Komunikasi 24487 3
TOTAL SKS 21

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Komunikasi Sosial dan Pembangunan

Mata kuliah ini akan memberi pengetahuan terkait asumsi beberapa teori, konsep, dan model yang relevan pada pembangunan dan modernisasi. Hal ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa berpikir kritis atas upaya pembangunan yang telah berjalan di Indonesia dan belajar menyusun model pembangunan alternatif yang dapat dipertimbangkan demi mencapai pembangunan nasional yang optimal.

2 Statistik Sosial

Mata kuliah ini membahas tentang dasar statistik, fungsi dan kegunaan statistik dalam penelitian sosial serta dapat membedakan antara statistik deskriptif dan statistik inferensial, serta mempraktekkan olah data menggunakan program SPSS dalam komputer dan mengaplikasikannya dalam penelitian sosial

3 Komunikasi Politik

Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa untuk memahami secara mendasar tentang fenomena komunikasi di bidang politik dan juga isu-isu politik yang dikomunikasikan ke publik. Selain itu mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan dimensi etis dalam komunikasi politik politik secara konsep dan praktis dalam menyampaikan aspirasi, mengkritisi kebijakan politik, menyampaikan kebijakan politik, dan merancang pesan politik sehingga dapat membimbing perilaku mereka secara dewasa dan bertanggung-jawab.

4 Hukum Dan Etika Komunikasi

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan teori tentang hukum dan etika komunikasi dalam lingkup pers, media siber, media penyiaran, periklanan, public relations serta komunikasi interpersonal serta dapat menggunakan teori dan konsep yang dipeljari untuk menganalisis kasuskasus aktual terkait hokum dan etika komunikasi di Indonesia.

5 Komunikasi Antar Budaya

Pemahaman terkait komunikasi budaya sebagai elemen dalam komunikasi antar budaya juga akan diberikan dalam mata kuliah ini. Mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan terkait unsur-unsur budaya dalam suatu kebudayaan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga atas keragaman budaya nasional. Kemudian, melalui pengetahuan dasar yang telah dimiliki tersebut, mahasiswa akan diajak untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk komunikasi pada budaya-budaya yang ada di Indonesia. Bahan kajian yang digunakan dalam hal ini adalah buku referensi, jurnal dan artikel penelitian, artikel di media massa, dan konten di new media. Ini merupakan kemampuan yang diharapkan telah dimiliki oleh mahasiswa pada paruh (mid term) mata kuliah.

6 Media Siber

Mahasiswa mampu menguasai new media, tidak hanya dalam penggunaan dan pemanfaatan tetapi juga pengendalian new media sebagai alat komunikasi.

7 Perencanaan Komunikasi

Mahasiswa mampu memahami secara menyeluruh tentang tahapan perencanaan komunikasi, yang meliputi : Penetapan komunikator, Penyusunan isi pesan, Pemilihan saluran/media, Penentuan komunikan, dan Evaluasi efek pesan; sifat dan bentuk perencanaan, komponen dan indikator strategi komunikasi, manajemen strategis dalam perencanaan komunikasi.

Semester 5

Semester 5

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif 25363 3
2 Public Relations 1 25407 4
3 Manajemen Media Massa 25301 3
4 Advertising 1 25404 4
5 Jurnalistik 1 25401 4
6 Radio 1 25402 4
7 Komunikasi Organisasi 25335 3
8 Video 1 25403 3
TOTAL SKS 24

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan langkahmaupun proses penelitian bidang komunikasi dengan berbagai Kuliah metode dan pendekatan kuantitatif serta mampu membuat proposal dan mampu melakukan penelitian bidang komunikasi sepertiMetode Survei, Metode Eksperimen, Metode Analisis Isi, Riset Agenda Setting, Riset Uses and Gratifications, Riset Ekologi Media, dan Analisis Jaringan Komunikasi.

2 Public Relations 1

Mata Kuliah ini mempelajari mulai dari konsep dasar Public Relations, menerapkan penulisan PR, menyusun company profile serta menganalisis kasus-kasus PR yang sedang trending topic.

3 Manajemen Media Massa

Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi konsep dasar Manajemen Media Massa, prinsip-prinsip manajemen media massa dan pelaksanaannya dalam pengelolaan media massa baik media cetak, media penyiaran dan media online.

4 Advertising 1

Mahasiswa diajarkan pengantar periklanan, mulai dari definisi konsep iklan dan periklanan, sejarah, jenis, tujuan, dan fungsi iklan, etika periklanan, struktur organisasi agen periklanan, konsep kreatif iklan, iklan di media massa, perencanaan media, riset periklanan.

5 Jurnalistik 1

Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa dalam memahami berita mendalam (indepth news) dan berita investigasi (investigation news) terkait definisi, karakter, fungsi, teknis penulisan dan produksi.

6 Radio 1

Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami beragam kecakapan yang harus dimiliki oleh praktisi radio broadcast, baiksebagai Kuliah programdirector,script writer, announcer/reporter, mixing-man, producer,maupun music director.

7 Komunikasi Organisasi

Membahas konsep-konsep kunci dalam kom organisasi sehingga mahasiswa dapat memahami konteksnya yang spesifiknya, dibandingkan dengan level komunikasi lainnya. Dengan memahami konsep-konsep kunci tersebut diharapkan mahasiswa dapat menggunakannya untuk kepentingan teoritis maupun praktis secara lebih kontekstual dan komprehensif..

8 Video 1

Mata Kuliah ini akan membawa mahasiswa untuk menguasai kemampuan dasar Video meliputi pengetahuan dasar kamera, bahasa gambar, serta mampu mengembangkan ke dalam kebutuhan dunia jurnalistik dan kebutuhan media Audio Visual Digital.

Semester 6

Semester 6

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Video 2 26414 4
2 Teknik Presentasi 2P484 2
3 Media Dan Gender 2P491 2
4 Jurnalistik 2 26412 4
5 Komunikasi Interpersonal 26302 3
6 Public Relations 2 26467 4
7 Radio 2 26413 4
8 Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif 26362 3
9 Kapita Selekta Komunikasi 26362 3
10 Advertising 2 26362 3
TOTAL SKS

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Video 2

Mahasiswa mampu menemukan ide, mengembangkan ide cerita, membuat konsep produksi yang dibutuhkan, memproduksi film fiksi, serta mengedit film fiksi.

2 Teknik Presentasi

Dalam mata kuliah Teknik Presentasi ini, mahasiswa diajarkan proses komunikasi, proses pra-saat-pasca melakukan presentasi, cara membuat desain presentasi yang komunikatif, dan teknik melakukan presentasi di depan publik.

3 Media Dan Gender

Mata kuliah ini menuntun mahasiswa untuk mengenal isu-isu gender didalam media dan menganalisa representasi gender dalam media massa..

4 Jurnalistik 2

Mata Kuliah Jurnalistik 2 ini fokus mempelajari pada produksi karya jurnalistik berupa koran, majalah dan portal siber/online. Produksi karya jurnalistik koran berisi berbagai rubrikasi dari berita, foto peristiwa, editoral, surat pembaca, opini dan lain-lain. Produksi karya jurnalistik majalah berisi berbagai rubrikasi seperti laporan utama, editorial, surat pembaca, opini dan lain-lain. Desk majalah beragam seperti majalah olahraga, pria, wanita, budaya, Iptek, ekonomi dan lain-lain. Produksi karya jurnalistik media online/siber berupa portal berita online dengan rubrikasi seperti berita straight news, feature news, foto peristiwa, tokoh dan lain-lain.

5 Komunikasi Interpersonal

Setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan ini akan mampu memahami dan menerapkan tentang konsep, konstruk dalam teori di level komunikasi antar pribadi, dimulai dari konsep pelaku komunikasi, kognisi dan proses informasi, pemahaman diri, identitas, membangun relationship, memelihara relationship dan mempertahankan relationship.

6 Public Relations 2

Dalam mata kuliah Public Relations 2 ini, mahasiswa diajarkan untuk memahami sekaligus mempraktekkan strategi dan taktik PR dalam menyelesaikan situasi krisis yang dihadapi oleh klien. Strategi PR yang akan dipelajari oleh mahasiswa dimulai dari cara melakukan riset khalayak dan media untuk menganalisis dan mengevaluasi situasi yang dihadapi oleh klien, menentukan tujuan dan target sasaran, serta pemilihan media dan penyusunan pesan. Seluruh langkah strategis ini diaplikasikan secara nyata pada suatu perusahaan/instansi sehinggga mahasiswa juga akan dibimbing dalam penyusunan proposal dan laporan pelaksanaan strategi PR.

7 Radio 2

Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup jurnalistik radio, keterampilan produksi siaran (berita radio), naskah (copy story) program acara jurnalistik radio, teknik digital radio recording, radio programming, riset dalam kerja dan perencanaan program produksi audio, metode riset dan macam riset yang mendukung penyempurnaan produksi audio kreatif, instrumen penelitian khalayak sebagai concept test pada draft audio project, serta penelitian tes konsep audio project.

8 Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif

Dalam mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif ini, mahasiswa diajarkan untuk memahami sekaligus mempraktekkan teori yang diberikan melalui penyusunan proposal penelitian kualitatif. Selain belajar tentang ragam penelitian dan metode kualitatif, mahasiswa juga akan dibimbing untuk menyusun proposal sesuai dengan sistematikanya.

9 Kapita Selekta

Mata kuliah Kapita Selekta Komunikasi ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai topiktopik riset di bidang Ilmu Komunikasi. Selain itu, mata kuliah ini juga bertujuan untuk melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melakukan project riset.

8 Advertising 2

Mata Kuliah ini membahas tentang Integrated Marketing Communication Plan yang menggabungkan kemampuanmembuat perencanaan kreatif dan media dengan kemampuan melakukan implementasi kreatif dan media untukmembuat IMC Plan yang sesuai dengan kebutuhan klien. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa juga dituntut melakukanriset kreatif dan media sebagai dasar penyusunan IMC Plan.

Semester 7

Semester 7

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Komunikasi Bisnis 2P492 2
2 Azas-Azas Manajemen 2P285 2
3 Penulisan Kreatif 2P287 2
4 Kuliah Kerja Nyata 2
TOTAL SKS

Uraian Mata Kuliah

No Mata Kuliah Uraian
1 Komunikasi Bisnis

Mata Kuliah ini membahas tentang komunikasi untuk mendukung proses bisnis. Mulai dari konsep dasar komunikasi bisnis, penulisan naskah untuk komunikasi bisnis, sampai dengan presentasi bisnis.

2 Azas-Azas Manajemen

Mata Kuliah ini membahas tentang konsep-konsep manajemen yang diterapkan dalam sebuah organisasi.

Semester 8

Semester8

No Nama Mata Kuliah Kode SKS
1 Kuliah Kerja Komunikasi 2
2 Skripsi 6
TOTAL SKS